MENU Jumat, 17 Mei 2024

5 Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends, Kamu Wajib Tahu!

waktu baca 5 menit
Kamis, 2 Mei 2024 03:43 0 11 mediaesports.co.id

Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends – Genre MOBA merupakan salah satu genre yang sangat populer di Indonesia. Dan game yang kini telah tersedia di indonesia adalah Honor of Kings. Dan belakangan ini, cukup ramai gamer yang membicarakan game tersebut.

Beberapa perbincangan yang ada di sosial media belakangan ini adalah tentang kesamaan dari Honor of Kings dan juga Mobile Legends yang sangat populer di Indonesia. Meskipun sama-sama game MOBA, ternyata kedua game ini memiliki perbedaan yang cukup banyak.

Pada Artikel kali ini, Gamebrott akan membahas 5 Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends yang terlihat jelas dan kamu mesti tahu. Apa saja perbedaan dari kedua game ini? mari kita bahas bersama.

Disclaimer: Artikel ini membahas perbedaan game Honor of Kings dan juga Mobile Legends yang belakangan menjadi perbincangan gamer tanpa ada maksud dan tujuan untuk memojokkan ataupun menyerang pihak-pihak yang disebutkan dalam Artikel.

Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends

Berikut adalah 5 perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends yang cukup terlihat jelas dan dapat membedakan kedua game:

1. Referensi Hero

Kisah Sedih Gusion
Kisah Sedih Gusion

Perbedaan pertama yang terlihat antara kedua game ini adalah Referensi Hero yang ada dalam masing-masing game. Tentunya karena ini 2 game yang berbeda, keduanya memiliki Pool hero yang juga berbeda.

Mayoritas Hero yang ada di Honor of Kings merupakan referensi dari sejarah dan mitologi China seperti 3 Kingdom serta beberapa karakter bersejarah di Eropa seperti Arthur dan juga Marco Polo.

Sementara itu, Hero dari Mobile Legends memiliki referensi yang cukup beragam dimana berasal dari berbagai sejarah dan mitologi dari berbagai negara terutama negara-negara yang ada di Asia.

Meskipun begitu, Beberapa hero tentunya memiliki referensi yang sama di 2 game ini seperti contohnya adalah Zilong di kedua game yang merupakan referensi dari Zhao Yun dan juga Sun dan Wukong yang merupakan referensi dari Sun Wukong atau Kera Sakti.

2. Emblem vs Arcana?

Arcana Dan Emblem
Arcana Dan Emblem

Hal yang terlihat jelas berbeda dari Honor of Kings dan Mobile Legends adalah sistem Emblem dan Arcana. Keduanya memang memiliki tujuan yang kurang lebih sama yaitu meningkatkan status dasar karakter dan memberikan efek tambahan.

Namun perbedaannya adalah sistem implementasi ataupun cara penggunaannya. Mobile Legends memiliki Emblem berdasarkan Role dan buff yang dapat diatur. Setiap Emblem memiliki level yang harus ditingkatkan.

Sementara itu Honor of Kings memiliki Sistem Arcana dimana pemain harus meletakkan total 30 Arcana yang dibagi 3 warna. Setiap jenis Arcana juga memilik efek yang berbeda sehingga pemain lebih leluasa menentukan fokus status yang diinginkan. Dan setiap jenis Arcana memiliki Level yang juga harus ditingkatkan.

3. Desain Peta

Perbandingan Map
Perbandingan Map

Hal yang terlihat jelas dari perbedaan Honor of Kings dan juga Mobile Legends adalah desain peta kedua game. Meskipun pada dasarnya game Moba memiliki gambaran dasar Map yang sama, namun isi dari map tersebutlah yang membedakan setiap game MOBA.

Pada Honor of Kings, Map terlihat lebih kompleks. Salah satu yang membuatnya kompleks adalah adanya portal Teleport yang teletak di titik pertemuan Clash Lane. Pemain dapat menggunakan portal tersebut untuk berpindah lokasi ke Tower lane lain untuk membantu gank.

Selain itu, Pada Map Mobile Legends hanya terdapat 5 Camp Jungle ditambah 2 Hermit Crab dimana Honor of Kings memiliki 7 Camp Jungle dan disetiap lane terdapat monster kecil yang berjalan-jalan dan dapat dikalahkan.

4. Boss Monster di Map

Boss Yang Berbeda
Boss Yang Berbeda

Boss Monster yang ada di kedua game ini juga cukup terlihat berbeda baik dari segi bentuk maupun kegunaannya. Mobile Legends memiliki Lord dan juga Turtle, sementara itu Honor of Kings memiliki Overlord dan Tyrant.

Tyrant dan Turtle mungkin terlihat mirip dari segi kegunaan dimana keduanya akan memberikan buff serta gold dan EXP ketika dikalahkan. Namun untuk Lord dan Overlord sendiri perbedaan sangat terlihat jelas.

Lord di Mobile Legends akan muncul ke lane yang towernya paling sedikit ketika dikalahkan. Sementara itu Overlord memiliki 3 tahap dimana tahapan ini dipisah berdasarkan durasi permainan.

Tahap pertama di Early Game akan memunculkan 2 wave anak naga di setiap lane. Tahap kedua di Mid Game akan membuat yang mendapatkan last hit juga dapat memanggil induk naga ke lane yang dipilih. Dan Tahap ketiga di Late Game adalah Tempest Dragon dimana akan ada 3 wave naga yang lebih kuat di setiap lane dan para pemain akan mendapatkan buff yang lebih kuat dari buff Tyrant.

5. Esports

Jadi Raksasa Di Masing Masing Region
Jadi Raksasa Di Masing Masing Region

Untuk Segi Esports sendiri, Mobile Legends tentunya telah menjadi raksasa di Indonesia dan Asia Tenggara. Buktinya, turnamen esports ML ditonton oleh banyak orang secara live di berbagai platform.

Honor of Kings sendiri merupakan game yang baru rilis untuk region luar, namun game ini merupakan raksasa di negeri asalnya yaitu China. Game ini memiliki popularitas yang jauh diatas ML di negerinya.

Meskipun telah memiliki pasar masing-masing, Keduanya kini sedang bersaing di pasar Global. Dan disinilah kesamaan mereka terlihat dimana pada acara World Esports Championship, keduanya memiliki Prize Pool yang sama yaitu 3 Juta US Dollar.

Nah itulah beberapa perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends yang terlihat dan wajib kamu ketahui. Jadi, MOBA mana yang saat ini kamu mainkan, brott? apakah kamu menginstall keduanya di Smartphone kamu?

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA