MENU Minggu, 14 Jul 2024

Sejarah MOBA di Dunia Game: dari Warcraft Sampai Mobile Legends

waktu baca 3 menit
Minggu, 7 Jul 2024 15:56 0 54 mediaesports.co.id

Multiplayer Online Battle Arena atau yang lebih dikenal dengan istilah MOBA adalah genre game yang telah mengubah lanskap industri game selama dua dekade terakhir. Dari awalnya sebagai modifikasi sederhana, MOBA pttogel kini menjadi salah satu genre paling populer dengan jutaan pemain di seluruh dunia. Artikel ini akan mengulas perjalanan sejarah MOBA, dari Warcraft III hingga Mobile Legends: Bang Bang.

Sejarah MOBA

Warcraft III: Reign of Chaos

Perjalanan MOBA dimulai dari Warcraft III: Reign of Chaos yang dirilis oleh Blizzard Entertainment pada 23 November 2002. Game strategi ini memberikan kebebasan kepada pemain untuk membuat peta dan modifikasi sendiri, sebuah fitur yang memungkinkan kreativitas pemain untuk berkembang. 

Dari sinilah lahir mod yang sangat populer, yaitu Defense of the Ancients (DotA). DotA adalah cikal bakal dari semua game MOBA yang kita kenal sekarang. Mod ini mengambil elemen-elemen dari game Warcraft III dan mengubahnya menjadi pertempuran antara dua tim yang berusaha menghancurkan bangunan utama lawan.

League of Legends

Pada 27 Oktober 2009, Riot Games merilis League of Legends (LoL), sebuah game yang sepenuhnya didasarkan pada konsep DotA tetapi dengan peningkatan dan inovasi tersendiri. LoL memperkenalkan istilah MOBA secara resmi ke dalam dunia game dan menjadi salah satu game paling populer di dunia. 

Riot Games sukses menggabungkan elemen-elemen RPG dengan strategi real-time, menciptakan pengalaman bermain yang unik dan kompetitif. Keberhasilan LoL membuktikan bahwa genre MOBA memiliki potensi besar untuk berkembang lebih jauh.

Dota 2

Valve Corporation mengambil langkah besar dengan merilis Dota 2 pada 9 Juli 2013. Sebagai sekuel resmi dari mod DotA, Dota 2 mempertahankan banyak elemen dari pendahulunya sambil memperkenalkan grafis yang lebih baik, gameplay yang lebih halus, dan dukungan komunitas yang kuat. 

Dota 2 segera menjadi salah satu game MOBA paling kompetitif dengan turnamen internasional seperti The International yang menawarkan hadiah jutaan dolar, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu game e-sports terbesar di dunia.

Vainglory

Di tengah dominasi PC, Rogue Games merilis Vainglory pada 16 November 2014, menjadikannya game MOBA mobile pertama yang sukses. Vainglory mengikuti jejak LoL dan Dota 2 dengan mekanik permainan yang serupa, tetapi diadaptasi untuk layar sentuh. Meskipun map Vainglory hanya memiliki satu jalur (lane), game ini berhasil menarik perhatian banyak pemain mobile dan membuka jalan bagi game MOBA mobile lainnya.

Honor of Kings

TiMi Studio Group, yang merupakan bagian dari Tencent, merilis Honor of Kings (HoK) pada 26 November 2015. Game ini menjadi MOBA mobile terbesar, tetapi eksklusif hanya untuk pasar China. Kepopuleran HoK di China tidak bisa diabaikan, dan akhirnya game ini mendapatkan versi global bernama Arena of Valor (AoV). 

Setelah bertahun-tahun eksklusif di China, HoK akhirnya dirilis secara global pada 20 Juni 2024, menambah persaingan di pasar game MOBA mobile.

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang dikembangkan oleh Moonton dan dirilis pada 14 Juli 2016 di Brazil, segera menjadi fenomena global. Setelah dua musim, MLBB dirilis secara global termasuk di Indonesia, di mana game ini dengan cepat menjadi sangat populer. 

MLBB menawarkan gameplay yang mudah diakses dengan grafis yang menarik, menjadikannya favorit di kalangan pemain mobile. Kepopulerannya di Indonesia menjadikannya salah satu game esports terbesar di negeri ini. Kini, MLBB menghadapi persaingan ketat dari Honor of Kings yang juga telah merambah pasar global.

Perjalanan genre MOBA dari Warcraft III hingga Mobile Legends: Bang Bang menunjukkan evolusi dan inovasi yang terus menerus. Dari mod sederhana menjadi game dengan jutaan pemain, MOBA telah mengukir sejarahnya sendiri dalam dunia game. 

Keberhasilan genre ini tidak hanya terletak pada gameplay yang menarik dan kompetitif, tetapi juga pada dukungan komunitas yang kuat dan inovasi yang terus berkembang. Dengan munculnya game-game baru dan peningkatan teknologi, masa depan MOBA tampak sangat menjanjikan.

Sejarah MOBA ini telah diungkap di akun TikTok berikut. 

Sumber Artikel : mediaesports.co.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA